Apa sebenarnya tujuan pendidikan? Bila tujuannya agar anak mampu mengerjakan ujian, maka kita selaku pendidik cukup mengajarkan pada pelajar menjawab soal-soal ujian dengan benar. Tapi bila tujuannya agar anak mampu mempelajari dan menjawab tantangan kehidupan, maka kita selaku pendidik perlu mengajarkan pada pelajar untuk merdeka belajar. Pelajar yang berkomitmen pada tujuan yang ditetapkannya…
Buku ini berisi kumpulan praktik baik pengajaran guru dengan tema teknologi yang terbagi ke dalam lima topik, yakni Teknologi untuk Memanusiakan hubungan (Praktik pembelajaran yang dilandasi orientasi pada anak berdasarkan relasi positif yang saling memahami antara guru, murid, dan orang tua); Teknologi untuk Memahami Konsep (Strategi pembelajaran yang memandu murid menguasai pemahaman mendalam…
Selama beberapa dasawarsa terakhir, kita telah menyaksikan banyak reformasi pendidikan. Ada reformasi pendidikan yang berjalan dengan baik, pendirian SD Inpres untuk melakukan pemerataan pendidikan, perbaikan sarana prasarana sekolah, peningkatan jumlah dan kualifikasi guru, perubahan kurikulum pendidikan dan lainnya. Tapi satu hal yang jarang kita diskusikan sungguh-sungguh sebagai pendidik ad…
Bagian pertama buku ini membahas mengenai konsep diferensiasi sebagai cara pandang dalam merancang pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Setelah itu dibahas keterkaitan diferensiasi dengan berbagai konsep penting pembelajaran seperti peran guru disiplin positif keragaman anak teori belajar pembelajaran inkuiri dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Tidak hanya berhenti di konsep buku i…
Dalam 10 tahun terakhir, literasi hadir dari sepotong istilah menjadi sebuah gerakan yang menyebar ke berbagai penjuru. Sayangnya, di tengah keriuhan literasi masih jarang upaya refleksi terhadap kerja keras mengembangkan literasi, apalagi upaya mempromosikan praktik baik pengajaran literasi. Timbullah beberapa pertanyaan dalam mengembangkan gerakan literasi ini. Apakah upaya pengembangan liter…